Orang Muda dan Komunitas Basis Sebagai Pelopor Perubahan

Minggu, 04 Februari 2007

Rekomendasi SAGKI 2005
Orang Muda dan Komunitas Basis Sebagai Pelopor Perubahan

Selain melahirkan beberapa kosakata baru (habitus baru, keadaban publik, tiga poros), semangat baru (budaya alternatif, inkarnatoris) dan pemaknaan baru (merubah kerumunan menjadi komunitas dan tradisi menjadi opsi), Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) 2005 juga menelurkan sebuah rekomendasi penting yang oleh banyak kalangan dianggap revolusioner dan radikal yaitu ditempatkannya orang muda sebagai pemimpin perubahan dan komunitas basis sebagai lembaga yang menjadi payung bagi gerakan itu.


Komunitas basis adalah ide pokok SAGKI 2000 yang kemudian digandengkan dengan gagasan besar tentang perwujudan keadaban publik lewat habitus baru di SAGKI 2005. Sampai dengan SAGKI 2010 mendatang, dua rekomendasi ini akan menjadi pijakan dalam setiap dinamika umat Katolik dalam membangun gerakan menegakkan keadaban publik.
Agar gerakan nyata ini tidak bersifat sporadis dan sesaat saja, perlu diupayakan agar gerakan ini menjadi sebuah gerakan yang memiliki (selain fokus tindakan yang jelas) juga kelembagaan yang sesuai serta kepemimpinan yang kuat. Gereja melihat komunitas basis sebagai kelembagaan yang sesuai, serta orang muda sebagai pemimpin dalam upaya mengembangkan keadaban publik. SAGKI 2000 sudah menekankan pemberdayaan komunitas basis yang terbuka sebagai awal baru hidup menggereja.
Jelaslah pula kiranya, bahwa orang muda dan komunitas basis tidak boleh dibiarkan bergerak sendirian saja. Gereja, baik sebagai institusi (baca : hirarki) maupun sebagai komunitas, perlu memberikan dukungan yang nyata dan penuh. Menurut para peserta SAGKI 2005, dukungan tersebut dapat diberikan melalui berbagai macam cara dan bentuk seperti misalnya (dalam isu kerusakan lingkungan hidup): Gereja mengadakan pelatihan pengolahan hasil hutan yang ramah lingkungan, mengadakan kolekte khusus untuk pemeliharaan lingkungan hidup, membentuk wadah pemerhati lingkungan, menaruh perhatian pada perayaan hari lingkungan hidup.
Dalam isu-isu yang lain misalnya : memprioritaskan anggaran dan membuat kegiatan-kegiatan kaum muda yang berbasis gender, mengorganisir kaum muda untuk ikut aktif dalam proses pembelajaran nilai-nilai kehidupan serta memberi dukungan finansial konkret untuk itu, mendorong dan mendukung kaum muda untuk membentuk forum lintas agama dan kepercayaan dalam rangka gerakan anti korupsi, hadir secara personal ketika aktivis sosial kemasyarakatan orang muda katolik dalam situasi sulit akibat perjuangannya melawan ketidakadilan, mendukung dan membantu komunitas basis untuk mengadakan pelatihan yang berkenaan dengan kegiatan anti korupsi, memberikan penghargaan dan melibatkan para aktivis sosial kemasyarakatan dalam aktivitas di lingkungan gereja, mengalokasikan dana khusus untuk mendukung pelaksanaan program tindakan nyata bagi komunitas basis mencapai habitus baru, mendorong perubahan paradigma dalam cara hidup menggereja secara aktif dan partisipatif, menyelenggara-kan lembaga pendidikan pertanian, menganjurkan dan mengupayakan agar muatan lokal tentang visi pertanian ramah lingkungan masuk dalam kurikulum pendidikan formal, mendorong komisi-komisi untuk menyusun bahan-bahan pendalaman tentang nilai-nilai Pancasila, membentuk dan melatih para kader komunitas basis untuk mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila, memberikan pendampingan bagi komunitas basis untuk sadar gender secara berkesinambungan dan intensif.
Gerakan kita bersama dalam menciptakan keadaban publik lewat habitus baru adalah wujud iman paling nyata yang perlu dihayati terus-menerus, sebelum keadaan menjadi semakin parah.

Yudhit Ciphardian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: