APAKAH WORLD BANK ITU ?

APAKAH WORLD BANK ITU ?

300px-worldbank_protest_jakarta.jpg
World Bank adalah sebuah lembaga keuangan multilateral pemberi dana bantuan pembangunan ke negera-negara berkembang dan negara yang sedang dalam masa transisi. World Bank Group terdiri dari lima organisasi, yaitu:
IBRD (International Bank for Reconstruction and Development)
IDA (International Development Association)
IFC (International Finance Corporation)
MIGA (Multilateral Investment Guarantee Agency)
ICSID (International Center for the Settlement of Investment Disputes)

IBRD dan IDA identik dengan apa yang dikenal sebagai World Bank.


Aktivitas Bank Dunia saat ini difokuskan pada negara-negara berkembang, dalam bidang seperti pendidikan, agrikultur dan industri. Bank Dunia memberi pinjaman dengan tarif preferensial kepada negara-negara anggota yang sedang dalam kesusahan. Sebagai balasannya, pihak Bank juga meminta bahwa langkah-langkah ekonomi perlu ditempuh agar misalnya, tindak korupsi dapat dibatasi atau demokrasi dikembangkan.

Bank Dunia didirkan pada 27 Desember 1945 setelah ratifikasi internasional mengenai perjanjian yang dicapai pada Konferensi Bretton Woods yang berlangsung pada 1 Juli–22 Juli 1944.

Markas Bank Dunia berada di Washington, DC, AS.

APAKAH MISI WORLD BANK ?
Tujuan atau misi World Bank ialah untuk menghapus kemiskinan dan meningkatkan standar hidup negara berkembang dengan memberi bantuan dana di bidang pembangunan. World Bank memberikan pinjaman, bantuan tehnis dan panduan kebijakan kepada negara berkembang yang menjadi anggotanya.

SIAPAKAH ANGGOTA WORLD BANK ?
Anggota World Bank terdiri dari beberapa negara berkembang yang memerlukan bantuan dana dan negara yang sudah maju yang memerlukan bimbingan atau bantuan tehnis. Saat ini terdapat 181 anggota IBRD yang terdiri dari negara yang memiliki pendapatan per capita tidak lebih dari $ 5,445 per tahun. IDA memiliki 160 negara anggota yang memiliki pendapatan per capita kurang dari $ 925 per tahun. Data lengkap dan mutakhir keanggotaan World Bank dapat diperoleh di “World Bank Annual Report”.

Meski sering menjadi harapan negara miskin sebagai sumber pinjaman dana pembangunan, Bank Dunia sering dikritik oleh para penentang “neo-kolonial” korporasi globalisasi. Para penentang ini, yang sering disebut sebagai anti-globalisasi, menyalahkan Bank Dunia karena melemahkan kedaulatan negara penerima pinjaman melalui liberalisasi ekonomi.

Kritik yang paling umum adalah Bank Dunia berada dalam pengaruh negara-negara tertentu (terutama Amerika Serikat), yang mendapat manfaat paling banyak dari aktivitas Bank Dunia.
Kritik lainnya antara lain bahwa Bank Dunia beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip neoliberalisme, berdasarkan keyakinan bahwa pasar (bebas) dapat membawa kemakmuran kepada negara-negara yang mempraktekkan kompetisi bebas, tanpa campur tangan apa pun. Dalam perspektif ini, reformasi yang berinspirasikan “neo-liberal” tidak selalu tepat bagi negara-negara yang mengalami konflik (perang etnis, konflik perbatasan, dsb.) atau yang telah lama berada dalam kondisi tertekan (diktator atau penjajahan) dan negara yang tidak memiliki sistem politik demokratis yang stabil. Dalam sudut pandang ini, Bank Dunia lebih memilih masuknya perusahaan-perusahaan asing dibandingkan pengembangan ekonomi lokal negara yang bersangkutan.
Di sisi lain, kaum liberal mengkritik Bank karena hanya berperan sebagai organisasi politik murni. Dalam perspektif ini, Bank justru merepresentasikan penolakan terhadap konsep kemampuan pasar dalam mengatur ekonomi. Kaum liberal melihatnya sebagai alat yang dimiliki negara, untuk ekonomi internasional, yang bekerja untuk menutupi borok-borok dari kebijakan yang sedang dilakukan negara tersebut. Dalam sudut pandang ini, Bank Dunia mengambil tanggungjawab ekonomi liberal, dan tidak membiarkan kebijakan negara pada tempatnya.

Kritik lainnya berkaitan dengan lingkungan sosial dan fisik
Selama periode 1972 hingga 1989, Bank Dunia tidak melakukan pengujian lingkungan dan tidak mensyaratkan uji lingkungan dalam setiap proyek yang diajukan. Pengujian hanya dilakukan pada sebagian kecil proyek, dimana staf bagian lingkungan, pada awal 1970-an, mengirimkan formulir ceklist kepada peminjam, dan si peminjam kemudian mengirimkan dokumentasi detil dan saran-saran untuk analisis.
Juga dalam periode ini, Bank Dunia gagal dalam memperhitungkan faktor lingkungan sosial, yang paling jelas terlihat dalam program Transmigrasi Indonesia tahun 1974 (Transmigrasi V). Penting untuk diperhatikan bahwa hal ini terjadi setelah pembentukan kantor lingkungan Bank Dunia (OESA) pada tahun 1971. Menurut kritikus Bank Dunia, Le Prestre, Transmigrasi V adalah program pemindahan penduduk terbesar yang pernah dicoba… dirancang untuk memindahkan 65 juta penduduk dari negara berpenduduk 165 juta (pada saat itu) dalam tempo 20 tahun. Tujuannya adalah perbaikan kondisi ekonomi dan sosial dari pulau-pulau berpenduduk padat, mengurangi tingkat pengangguran di Jawa, relokasi tenaga kerja ke daerah lain, dan “memperkuat kesatuan nasional melalui integrasi etnis, dan peningkatan standar hidup orang miskin. Proyek transmigrasi ini dianggap gagal karena dalam beberapa kasus terjadi bentrokan antara penduduk lokal dan transmigran, dan beberapa hutan tropis menjadi rusak karena dibuka menjadi ladang pertanian.

2 Responses to “APAKAH WORLD BANK ITU ?”

  1. titi Says:

    I need a help for continuing my apothecary, does anyone can?? or world bank??
    i am S.Farm from Jember university with GPA 3.40, if I have about 10million, I can study apothecary in UII or UAD jogja.
    what’s about my parents?? My mom was died, and my father married again…
    and like cinderella’s story…There’s I am.
    I must stand with myself. Anyone can help?
    At least for a loan that I can pay after I get a job next time after graduate.

    sincerely yours..

    Priti Paramawidya S.Farm (085646801207)

  2. savaruz Says:

    I’d like to say…
    good job…
    and may God Bless you all
    amen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: