OMK & Gerakan Aktif Tanpa Kekerasan

Minggu, 14 Oktober 2007

OMK & Gerakan Aktif Tanpa Kekerasan

Kekerasan sosial yang menyebarluas mendorong Gereja Katolik Indonesia untuk mempromosikan perdamaian di seluruh negeri ini dan hal ini tercetus dalam Pertemuan Nasional Promotor Gerakan Aktif Tanpa Kekerasan (Pernas GATK) di Bogor Februari lalu.
Pernas GATK terselenggara berkat kerjasama antara Komisi Keadilan dan Perdamaian KWI, Komisi Kepemudaan KWI, dan Peace building Program KARINA, KWI.
“Dalam Nota Pastoral 2004 terungkap keprihatinan KWI akan budaya baru bangsa ini di mana segala persoalan diselesaikan dengan kekerasan, yang akhirnya nyawa manusia sudah tidak ada harganya lagi,” kata Pastor Serafin Dany Sanusi OSC, Sekretaris Komisi Keadilan dan Perdamaian KWI.
Pernas GATK diikuti 54 peserta dari sekitar 33 keuskupan di tanah air. Selama pertemuan berlangsung, peserta didampingi dengan setia oleh Mgr. Yustinus Hardjosoesanto, MSF, Uskup Tanjung Selor sekaligus sebagai ketua Komisi Kepemudaan KWI. Tujuan dari Pernas ini pertama-tama hendak merefleksikan kembali perjalanan para promotor GATK di daerahnya masing-masing yang sudah mendapatkan pendidikan dan pelatihan. Selain itu, pernas juga bertujuan mengkampanyekan Gerakan Aktif Tanpa Kekerasan, sebagai alternatif penyelesaian persoalan kekerasan yang semakin marak di tanah air. Dengan menghayati gerakan ini, para promotor atau siapapun yang berkehendak baik, tidak harus membentuk kelompok baru. Yang diharapkan adalah mereka tetap bertekun di dalam kelompok atau tugasnya yang sudah dijalani selama ini dengan semangat dan spirit baru, yaitu Aktif tanpa Kekerasan.
“Gerakan ini sebetulnya sudah cukup lama dikenal di Indonesia dengan nama ANV (Active non Violence). Seiring berjalannya waktu, penamaan Gerakan Aktif tanpa Kekerasan dirasa cukup tepat”, demikian dikatakan oleh Rm. Yosep Adi Wardaya, SJ, yang di kalangan teman-teman promotor GATK dijuluki “si mbah” ANV, yang juga menjadi Sekretaris Komisi Kepemudaan KWI. Sepanjang tahun 2006, Komisi Kepemudaan KWI bekerja sama dengan Komisi Keadilan dan Perdamaian KWI dan Peace-building Program KARINA KWI telah menyelenggarakan cukup banyak pelatihan di pelbagai daerah dengan total peserta hingga 500 orang, yang terdiri dari imam, biarawan/wati, kaum muda, dan tokoh-tokoh umat.
Di akhir Pernas GATK di-bacakan rekomendasi peserta untuk para Waligereja serta umat Katolik dan mereka yang berkehendak baik di Indonesia untuk menjadikan Aktif tanpa Kekerasan sebagai gerakan bersama.
Di Keuskupan Surabaya, gerakan ini digaungkan oleh Komisi Kepemudaan (K3S) lewat serangkaian kegiatan.
Kegiatan yang mengawali kampanye nasional ini adalah Retret Active Non-Violence yang telah terselenggara di Jatijejer, Mojokerto pada 4-7 Oktober lalu. Acara ini diikuti oleh 28 orang muda Katolik (OMK) dari 10 paroki dan 2 kelompok kategorial se-Keuskupan Surabaya.
Dalam acara ini OMK diajak untuk menelisik kembali pengalaman-pengalaman kekerasan dalam kehidupan mereka sambil mendeskripsikan pengertian kekerasan menurut pengalaman mereka itu. Setelahnya, peserta diajak untuk mengenali beragam bentuk-bentuk kekerasan yang umurnya sudah setua umur peradaban manusia. Di sela-sela sessi acara peserta menikmati film tentang kekerasan dan lagu-lagu bertema sama.
Puncak kampanye gerakan Aktif Tanpa Kekerasan yang akan dilakukan K3S adalah Konser Kampanye “3-Dimension 4 Peace” yang akan menampilkan beragam seni kontemporer dalam satu tema besar “Live Better With Non-Violence”. Menurut rencana, konser ini akan diadakan pada 1 Desember 2007.
Memang harus OMK yang mengawali gerakan ini sebelum wajah masyarakat di masa mendatang menjadi suram.

Yudhit Ciphardian

One Response to “OMK & Gerakan Aktif Tanpa Kekerasan”

  1. sober Says:

    Kekerasan adalah pilihan hidup. Bukan determini pribadi ataupun lingkungan. Jadi tiap pribadi memiliki kesempatan utk. menghentikannya. Kapan dan dari mana dimualai? Sekarang dan dari hati…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: