WYD Adalah Perziarahan, Bukan Piknik!

World Youth Day, Sydney 2008
WYD Adalah Perziarahan, Bukan Piknik!

Event terakhir World Youth Day (WYD) digelar Agustus 2005 lalu di Jerman dan di-hadiri jutaan orang muda Katolik (OMK) dari seluruh dunia. Penetapan Sydney-Australia sebagai tuan rumah WYD ke-23 pada Juli 2008 mendatang, dibacakan saat misa penutup WYD 2005 oleh Paus Benedictus XVI.
WYD adalah hajatan Vatikan untuk mengumpulkan OMK sedunia dalam rangkaian kegiatan bersama selama satu minggu, dimulai dengan Misa Pembukaan di hari pertama dipimpin oleh Kardinal setempat. WYD ini diharapkan dapat menarik setengah juta peserta termasuk 125 ribu pengunjung internasional (termasuk Indonesia). Paus Benedictus XVI sendiri akan hadir di acara ini.
Selama satu minggu akan diadakan Program Tradisional WYD yang dikemas dalam berbagai bahasa dan terdiri dari pengajaran, forum kreatif, seminar, konser, pelayanan doa, dan festival orang muda.
Pada hari ketiga akan diadakan Jalan Salib. Festival WYD akan mencapai titik puncaknya pada hari keempat dimana jutaan anak muda akan berdoa bersama Paus di suatu lokasi terbuka yang sangat luas untuk tidur dalam tenda-tenda di bawah cahaya bintang dan menanti kedatangan Paus kembali di hari terakhir (Minggu pagi) yang akan memimpin Misa Penutupan WYD 2008.
Tema dari WYD 2008 adalah: “Kamu akan menerima Kuasa kalau Roh Kudus turun ke atas kamu dan kamu akan menjadi saksi-Ku” (Kis 1 : 8). Tema ini dipilih untuk mengingatkan setiap orang muda secara personal akan buah-buah Roh Kudus yang bisa dipetik sebagai sumber kekuatan dalam berkarya dan menyuarakan iman.
Berkaitan dengan penyambutan WYD ‘08 di Keuskupan Surabaya, Komisi Kepemudaan (Komkep) dan Komunitas Emmanuel menggelar Misa Orang Muda pada Sabtu, 27 Oktober lalu. Misa yang di-bawakan oleh selebran ; Uskup Surabaya Mgr. Sutikno, Rm Astanto Adi, CM (Pelayanan Pastoral Mahasiswa) dan Rm Tri Kuncoro yekti, Pr. (Komkep) ini dihadiri ribuan orang muda dari seluruh paroki di Surabaya.
Dalam misa dimunculkan prosesi perarakan dan pemberkatan salib yang akan dibawa oleh delegasi Surabaya ke Sydney.
Komkep dan Komunitas Emmanuel yang menjadi panitia pemberangkatan kontingen Surabaya juga membuka stand informasi dan pemutaran film pendek sebagai sarana untuk rekrutmen peserta. Kuota yang tersedia untuk kontingen Surabaya adalah 50 orang.
WYD sebagai ajang internasional jelas menjadi sorotan dunia dimana orang muda Katolik (OMK) berkumpul menyatakan iman dan menyuarakan keprihatinan terhadap situasi dunia dalam terang iman Katolik. Hasil dan tindak lanjut yang positif dari WYD tentu menjadi harapan kita semua karena WYD adalah perziarahan, bukan piknik.
”Mengikuti World Youth Day adalah mengikuti peziarahan orang muda Katolik, bukan piknik! Anda peziarah, bukan turis!” (Ketua Konferensi Uskup Australia di KWI, Agustus 2007)

Yudhit Ciphardian

WYD dari Masa ke Masa
2005 – WYD XX di Cologne, Jerman
2004 – WYD XIX di Roma, Italia
2003 – WYD XVIII di Roma, Italia
2002 – WYD XVII di Toronto, Kanada
2001 – WYD XVI di Roma, Italia
2000 – WYD XV di Roma, Italia
1999 – WYD XIV di Roma, Italia
1998 – WYD XIII di Roma, Italia
1997 – WYD XII di Paris, Perancis
1996 – WYD XI di Roma, Italia
1995 – WYD X di Manila, Filipina
1994 – WYD IX di Roma, Italia
1993 – WYD VIII di Denver, Amerika
1992 – WYD VII di Roma, Italia
1991 – WYD VI di Cestokowa, Polandia
1990 – WYD V di Roma, Italia
1989 – WYD IV di Santiago de Compostela, Spanyol
1988 – WYD III di Roma, Italia
1987 – WYD II di Buenos Aires, Argentina
1986 – WYD I di Roma, Italia
Catatan : WYD dirayakan dalam dua bagian ; setiap tahun diadakan di tingkat Keuskupan di Roma dan 2 atau 3 tahun sekali dirayakan secara internasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: