Maria Semakin Percaya Diri

Maria Semakin Percaya Diri
J WASKITA UTAMA

Maria Kristin Yulianti baru berusia tujuh tahun sewaktu Susi Susanti mencatatkan diri dalam sejarah olimpiade. Di Barcelona 1992, Susi menjadi atlet bulu tangkis pertama di dunia yang merebut emas olimpiade sekaligus meraih emas olimpiade pertama bagi Indonesia.

Saya tahu Ci Susi dapat emas, tetapi tidak terlalu peduli. Waktu itu saya tidak suka bulu tangkis,” ujar Maria.

Tak pernah terbayang jika 16 tahun kemudian dia naik ke podium olimpiade dan menyaksikan bendera Merah Putih dikibarkan di cabang yang dulu tidak disukainya itu.

Dia memang belum seperti Susi yang berdiri di tengah, Maria berdiri di tepi dengan perolehan sebuah perunggu. Namun, hasil itu jauh melampaui perkiraan semua pihak, bahkan dirinya sendiri.

Maria meraih perunggu setelah memenangi lima dari enam pertandingan dalam total waktu 321 menit, atau 53,5 menit tiap pertandingan. Empat dari lima kemenangannya diraih dengan rubber game atas empat pemain yang memiliki peringkat dunia lebih baik dari dirinya.

Mereka adalah Juliane Schenk (Jerman, peringkat ke-13, babak pertama), Tine Rasmussen (Denmark, peringkat ke-4, babak 16 besar), Saina Nehwal (India, peringkat ke-18, perempat final), dan Lu Lan (China, peringkat ke-2, perebutan perunggu).

Maria, peringkat ke-21 dunia, hanya kalah di semifinal dari Zhang Ning, sang juara bertahan, yang kemudian kembali menjadi juara olimpiade.

Semua ini bermula di Tuban, sebuah kabupaten di pantai utara Jawa Timur. Dorongan kuat dari ayahnya, Yuli Purnomo, membuat Maria kecil mulai berlatih bulu tangkis dalam usia enam tahun. Bulu tangkis adalah olahraga kegemaran sang ayah, seorang petugas penyuluh pertanian lapangan yang juga melatih bulu tangkis untuk anak-anak.

”Sebenarnya saya tak suka bulu tangkis, lebih senang melihat bola voli. Tapi, Bapak mendorong saya untuk main bulu tangkis,” ujar Maria.

Maria ditolak masuk klub Djarum Kudus pada usia 10 tahun karena badannya terlalu kecil. Ia meneruskan latihannya di klub JPNN Jember. Dia mencoba lagi masuk Djarum Kudus dan diterima tahun 1998. Di klub ini, kecintaannya pada bulu tangkis mulai tumbuh.

”Saya masuk sekolah siang, pagi selalu berlatih dan ikut kejuaraan taruna. Lama-lama saya mulai senang dan berniat serius di bulu tangkis daripada latihan dan sekolah berantakan dua-duanya,” tutur Maria.

Karier Maria berlanjut hingga dia dipanggil masuk Pelatnas Cipayung tahun 2002. Belum lagi berusia 18 tahun, Maria sudah memperkuat tim Piala Sudirman Indonesia pada tahun 2003. Setelah itu Maria berkutat di turnamen level satellite, dengan gelar internasional pertama direbutnya di Malaysia Satellite 2004.

Menyambut tantangan

Kegagalan tim Piala Uber pada kualifikasi Piala Uber di Jaipur, India, Februari 2006, sempat mengancam posisi Maria di pelatnas. PBSI pun mencanangkan program bersih-bersih dan memberi ultimatum kepada para pemain putri untuk tampil lebih baik atau keluar dari pelatnas.

Maria menyambut tantangan ini dengan dua gelar juara turnamen satellite di Singapura dan Surabaya, serta hasil terbaik dibanding pemain putri lainnya pada tur Eropa ke tiga negara, Luksemburg, Denmark, dan Belanda. Posisinya sebagai pemain nomor satu tak tergeser meski di turnamen level superseries prestasinya belum beranjak dari delapan besar.

Keadaan berubah setelah kejutan tim Piala Uber Indonesia pada putaran final di Istora Senayan, Jakarta, Mei lalu. Dengan Maria sebagai tunggal pertama, Indonesia di luar dugaan lolos ke final sebelum menyerah dari juara bertahan, China. Sukses ini membangkitkan kepercayaan diri pada Maria.

Sebulan berselang, dia mencatat prestasi terbaik di superseries dengan menjadi runner up Indonesia Terbuka. Dalam perjalanan ke final, Maria mengalahkan tiga pemain kelahiran China yang peringkatnya jauh lebih tinggi darinya, yaitu Yao Jie (Belanda, saat itu peringkat ke-18), Zhou Mi (Hongkong, 7), serta Zhang Ning.

Bermodal inilah Maria menatap Olimpiade 2008 dengan lebih percaya diri. Mengalahkan Schenk pada babak pertama, Maria semakin yakin setelah menang atas Rasmussen di 16 besar. ”Awalnya saya pikir akan kalah dari Tine. Ternyata dia bisa dilewati, jadi saya semakin yakin,” ujarnya.

Kejutan terbesar Maria dibuatnya pada perebutan tempat ketiga dengan menundukkan Lu Lan, harapan masa depan China. Maria pun mengembalikan reputasi tunggal putri Indonesia yang menunggu 12 tahun untuk kembali meraih medali dari olimpiade.

Seperti kacang tak lupa akan kulitnya, Maria mempersembahkan medali perunggu ini bagi Hendrawan, mantan pelatih tunggal putri, dan Marleve Mainaky, pelatihnya sekarang. ”Keduanya tetap mendukung saya saat mau dikeluarkan dari pelatnas. Ko Hendrawan juga yang bercita-cita tunggal putri Indonesia tampil di Olimpiade Beijing setelah gagal lolos ke Olimpiade Athena 2004,” ujarnya.

Maria berterima kasih kepada Hendrawan, yang tak hanya menjadi pelatih, tetapi juga bisa menjadi teman bicara.

”Kami bisa ngobrol hal lain juga. Latihan tetap berat, tetapi suasananya rileks dan masih bisa bercanda. Ko Hendrawan tahu kondisi kami sehingga kami tahu apa yang harus dilakukan di lapangan,” ujarnya.

Dengan berjalannya waktu, Maria juga mulai menemukan pola permainannya sendiri. Senjata andalannya, yakni pukulan silang menukik dekat net, kerap dikeluarkan setelah menguras tenaga lawan dengan bermain reli dan menempatkan bola ke sudut-sudut lapangan.

Uniknya, kemenangan Maria hampir selalu terjadi dalam tiga game, setelah kalah di game pertama. Petugas media Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) sampai menjulukinya the queen of three games.

”Bukannya enggak mau menang lebih cepat, tetapi memang mainnya seperti itu. Di game pertama saya jarang langsung bisa in dengan permainan. Saya selalu memulai dengan lob, baru menyerang belakangan jika saatnya tepat, tak bisa seperti Firda (Adrianti Firdasari, rekannya di pelatnas) yang langsung menyerang,” ujar penggemar komik Conan dan novel teenlit ini.

Maria siap memenuhi harapan Indonesia untuk berprestasi lebih baik. ”Saya tetap santai dan menikmati permainan. Tetapi saya sadar ada tanggung jawab, ada harapan dari orang lain untuk terus berprestasi. Saya harus lebih dewasa. Saya merasa sudah banyak kemajuan meski belum terlalu stabil,” ujarnya.

Ia juga berharap keberhasilannya memicu pemain putri lain untuk berprestasi. Dia juga ingin tunggal putri di Indonesia tak lagi dipandang sebelah mata atau dianaktirikan pembinaannya. ”Pemain China bisa dikalahkan, saya sudah membuktikan. Mereka memang bagus, tetapi kelasnya enggak jauh banget. Pemain putri Indonesia jangan dipandang sebelah mata. Rekan-rekan juga pasti bisa, asal diberi kesempatan bertanding lebih banyak lagi,” ujarnya.

37 Responses to “Maria Semakin Percaya Diri”

  1. laila Says:

    Terus berjuang ,Pantang Menyerah,jng takut kalah Libas pemain China spy km jd JUARA DUNIA

  2. glory n septi Says:

    hai…nama qu glory n di samping qu septi,
    tw gak klo aku tuh ngeFans bgt ma kakak..aku cuma mw ksh masukan supaya kakak trs berusaha tuk jd yg terbaik.jangan prnh menyerah n yg pst jgn gugup..jgn lupa trs percaya diri..
    oh ya kak..aku ambil kesimpulan dri pengalaman pribadiku,klo kakak mw tanding jgn lupa mnt bimbingan dri Tuhan plus klo mw tanding jgn lupa bwt “Tanda Salib” itu dri pengalaman pribadi sendiriku loh…

    SEMANGAT YA…

  3. yanti Says:

    terus berjuang!!!!!!!!!kami kan slalu mendoakanmu……………………………
    JAWAB TANTANGAN DENGAN DUKUNGAN !!!!!!!!!!!!!!!!!!! JANGAN KAU MENYERAH BERTAHAN……TUK MENANG……. KAU ANAK BANGSA BERIKAN LAGI BANYAK HARAPAN U/ MENANG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!KYA LAGU JA !?!?!?

  4. Dea adhikmu dhewe Says:

    mbak klo ketw jngn lebar2,aq jd iri lho……….kak maria wajahx mirip bgt dgn aq lho………????????????????????

  5. nanang Says:

    kakan tau ngak q ngefanz banget na kakak maria kristin
    beneran deh q paling suka kalau kakak maria vs zang ning kalian berdua sama sma hebat……. pokoknya kak mria hebat banget deh….
    sampai sampai ku pernah mo cri kak maria ke pb jarum tapi ke 2 ortu q ngak ngijinin….
    klo bleh nonya kan maria brapa ? ni no q 081359507686
    kalo kakak tidk keberatan sms q atau call oke….?
    pokoknya berjuang terus ya kak…

  6. angel Says:

    aku ngefans banget sama kak maria kristin……………………….

  7. anie Says:

    kaq,aq ngefans bgdz ma ka maria….
    aq mnta numb hp kaka dund…

  8. glory 'n fajar Says:

    hallow,kak…???
    Aku ngefans bgt deh ma kakak…
    kak,saat pertandingan “malaysia open super series” jgn mpe klh ya,harumkan nama indonesia…terus berjuang,jgn putus asa…

    … SEMANGAT YA,KAK …

  9. Glank Says:

    Helllow Maria….???
    dari dulu stiap pertandingan kamu aku pasti nonton,aku snang bgt deh dgn permainan km.
    perjuangan km tu ngesankn bgt,aku snang dgn hal yg brhbngn dgn perjuangn..
    sama dgn aku yg seorng pemain bela diri,yg mengharskn sbuah prjuangan di stiap pertandiangn..
    aku pgen bgt bs lbh dkat dgn km,sperti hal nya aku & tmn2 kompak aku..
    Aku mau kt salng brbagi,baik pngalamn maupn apa lah yg mnyangkt dunia olah raga..
    Hub FS ku yahh..
    Aku tunggu…

  10. yuan Says:

    q ngefan ma mbak maria dr kls 4 SD. n skr q kls 3 SMP.berjuanglah, mbak! krn mbak maria motivasi q utk bisa lulus dari sekolah q. jgn takut cina, krn q yakin mbak pasti bisa !!!!!!!!!!!!

  11. greyce Says:

    ihwow, kren bget maria kristin na

  12. risi Says:

    senyum lebar menandakan anda sudah gosok gigi …….. ayo semangat maria.. hahahah

  13. dania Says:

    halo kak maria aku ngfans berat lho ma kaka karena kaka hebat,ka aku juga pecinta bulu tangkis lho.Nanti jika umurku 15 aku mau masuk klub djarum

  14. dania Says:

    hai aku makin love aja ma atlet bultang indonesia

  15. yusr!yy4 zalfa Says:

    hai..ka maria tau nggAK ya aku tuch ngefans banggeet ma ka maria kristin yang cantik,ngegemesin,lucu,imoet pokoknya segalanya dech..aku tuh pengen banget ikutan audisi biskuat yang ada di tv yang dibintangi sama ka firdasari adryanti..kalu ku dateng kasana aku mau bawa bukti2 kalau akt tuch ngefans banget ma ka maria,ka vita,ka liliana,dan ka fieda..

  16. Herma Says:

    Kak aku herma,,,,,
    berjuang terus ya….
    aku terus dukung kakak dan mendoakan kakak.
    supaya menjadi yang terbaik dalam pertandingan bulutangkis.
    Aku ngefens…………………………………………………bgt ma kakak.
    Sl nya kakak itu murah senyum dan kakak orang nya asik lah.
    Sl nya aku selalu mengikuti perkembangan setiap kakak bertanding.
    Sukses terus ya kak..Smga kita bisa bertemu….
    Amin… Salam hangat dari anak khatulistiwa,pontianak.

  17. Herma Says:

    Kak,,,,
    Foto-foto kakak yang ada di media cetak selalu aku kumpulkan dan aku berusaha browsing utk mendapat kan biodata lengkaaaaaaap nya kakak lHo…….
    Sl nya kakak tu motivator aku…..
    yang aku liat kakak tu orangnya tidak gampang putus asa, dan selalu
    senyum ama setiap orang.
    semoga Tuhan melihat kerinduan hati ku utk bertemu ama kakak…..

  18. Herma Says:

    Kak,,,
    Monta numb Hape kakak dunk………..
    Plizzzz
    Krim aja ke numb herma (085245727884).
    Tks ya kak……….
    Herma tunggu lho

  19. MayA Says:

    ka’ aq maya salam kenal aq ska bngt sama bulutangkis aq mengikuti bulutangkis club hanya untuk ingin seperti ka” yang sell bisa mengharumkan nama bangsa

  20. nea Says:

    halo k’…..
    qw sneng bgt lho ma bulutangkis…
    tp qw g’ bsa maen bagus….

    klo da turmanen yg ditayangin ditv,,qw pasti liat…
    qw ska bgt ma prmainnannya k’ maria (neting silang…)
    qw doain mga k’ maria bsa truz menjadi juara….

    Chayo….!!!
    =)

  21. Anonymous Says:

    Hai,…Akak

    cNtK BnGt sIcH SeNyUmX’ N’ Ihh,. WoWwW mAeNx kReNd bNgT N’ akU NgEfAnS BnG AmA K’ MaRia.
    MmMm,..
    KDnG KuW BeRmImPi aPa mUnGkIn kItA BiSa k’tEmUw,. Tpii akUw nG2aK BkLn pTz asA MeSkI Ng2ak k’tMu aMa kk’

    wEtTz GiLa,..
    tErIliUn aKuw uCpKn sAlutTtTtTtTtTtTtTt

    aMa kk’ mMm,.. BAik2 yAh k’,….

    ,…anHiE’harbi,..
    PaNgKeP SuL-SEL

  22. Anonymous Says:

    mbak maRia tEruskan pErjuangaNmu…!!!!(^_^),,,

    BIarpun g’ kayak mbak susi, tp mbk maria tetap yang terbaik,,,,,ok

  23. vincent Says:

    halo CC maria ^_^ ………wkwkwkwkw cc aku mw nanya msk djarum susah ga??—–
    waktu aku ke pelatnas cipayung aku liat cc mainya bagus bgt{}heheheh aku pingin bisa main kyk cc

  24. sinth maria Says:

    berjuang terus ya……. moga menang dan mengharumkan nama negara kita amiennnnnn…………………

  25. ADI Says:

    SALAM KENAL MARIA,KENAPA PRESTASI MU MENURUN ??? APAKAH CIDERA LUTUT KANANMU BELUM SEMBUH??? AYO DONG BUKTI IN SAMA DUNIA KALAU KAMU BISA JADI NOMER SATU SEPERTI YANG SETIAP KALI KAMU KATAKAN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! GO MARIA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  26. IKA AYUNINGTIAS Says:

    AKU AYU NIE KAK……….. AQ NGEFANS NGETZZZZZZZZZZZZ 5 KAKAK. POKOK’Y KAKAK TWH. KEREN ABIEZZZZZZZZZZZZZZZ………………..

  27. hezti Says:

    maria q tu ngefans banget ma u ,u tu keren abiez wktu brtanding di olimpiade beijing, salam ya bwt u n ma atlet2 yg lain,moga kiita bisa ketemu.

  28. jain Says:

    hai kak aku sgat ngefen bageeeeet ama kak maria majuh trus buat lah negara kita sagat brprestasi

    KLU BLH TAU KAKAK UDAH PNXA CWOK TA……….?????

  29. satryo Says:

    hay . .
    kk maria kristin klo lgi gg brtanding & klo lagi pke kacamata
    maniezzz bgd deh klo boleh tw
    rumah kk maria dmana sih aku ngefans 100000000000%
    lho
    tolong di jwb ya rumah kk maria tuh di mana
    oke . . . . . .

  30. ndra Says:

    trus berjuag ya……..
    I Love U wat Maria Kristin
    Dsini aku slalu mendukungmu walw tak bsa lansung datng menyaksikan kmu bertanding

  31. dwi yulianti Says:

    kak aku dwi dari jepara aku dah nulis tapi aku ganti nama karna aku pangen kayak kakak bisa mengharumkan nama bansa aku ngefazzzzzzzzz ……………… banget ama kak maria karna wajah kak maria imuet and ngangeni semangat buat kak maria walaupun umurku baru 12 thn aku ingin menjadi pemain bulutangkis gituuuuuuuuuu kayak kakak semangat buat kakak ,saking ngefenznya sama kakak aku sampai majang foto kakak di kamar q kak kapan kapan ngadain jumpa fanz di jepara ya kak semangat buat kakak…………..__??????????

  32. dwi Says:

    kak maria aku gefnzzzzzzzzzz kakak lho ……ya kak ,saking ngefanznyaa ma kakak aku ampek majangin foto kakak pokoknya dari tulisan atas ampek bawah cumak q yg ngefanz ge ma kakak aku waktu itu main aku bawa dompet temenku ada yg bilang maria kristin kan jelek aku tampar aja eh……… sampe sekarang aku masih musuhan sama tmn q begitulah pengorbanan q untuk kakak

  33. christyen Says:

    smg bs ttp berprestasi bhkn lbh baik dari sebelumnya…….. Tuhan memberkati

  34. amelia Says:

    kak maria aku meli dari jepara aku temen dwi lho aku gak ngefanzzzzzzz kakak tapi aku suka permainan kakak, gggiiiiiiiiiiilllllllllaaaaaaaaaa bagoes banget goot luck buat kakak ,,,,,,,………????????????

  35. alvian Says:

    mbak kulo alfian sakeng jogja kolo ngefanzzzzzzz kalih mbak maria semangat ????????????????

  36. dwi yulianti Says:

    ni kak q punya pantun

    jalan2 ke jepara
    jgn lupa ke pantai kartini
    aku ngefanz ama kak maria
    karena kak maria cuantix sekali

  37. komang Says:

    hy……….. kaka maria berjuang trusssssssssssssss yw jangn pernah menyrh……………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: