Nobel Untuk Juru Damai Aceh

Nobel Perdamaian 2008
Nobel Untuk Juru Damai Aceh

Mantan Presiden Finlandia yang pada Jumat (10/10) lalu dianugerahi Nobel Perdamaian 2008 itu dikenal sebagai pribadi yang sederhana. Berbeda dengan pejabat di Indonesia yang kerap dikawal ajudan atau sekretaris setiap berpergian, Martti Ahtisaari (71) yang mantan presiden itu memilih untuk sendirian tiap lawatan ke berbagai tempat.

Martti adalah direktur Crisis Management Initiative atau CMI yang berkantor di Helsinki, Finlandia. CMI, adalah organisasi independen nonpemerintah yang bertujuan mendukung dan memelihara perdamaian di sejumlah lokasi konflik. Pekerjaannya adalah menjadi mediator bagi pihak-pihak yang berkonflik di seluruh dunia. Juga menjadi inisiator dialog perdamaian bagi siapa saja yang membutuhkan.
Salah satu pekerjaan besarnya adalah memediasi dialog antara pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) untuk mencapai perdamaian. Seperti banyak diberitakan, Aceh mengalami penderitaan selama puluhan tahun akibat pendudukan militer di wilayah-wilayah yang padat warga sipil. GAM, yang didirikan oleh Hasan Tiro, adalah organisasi independen yang memperjuangkan kemerdekaan dan lepas dari Indonesia. Setelah bertahun-tahun tidak ada kata sepakat, wakil presiden Jusuf Kalla berinisiatif mengundang Martti dan CMI untuk menjadi juru runding yang netral. Perundingan ini juga memakan waktu berbulan-bulan sampai akhirnya dicapai kesepakatan damai yang disetujui kedua belah pihak berupa otonomi khusus untuk Aceh.
Kini rakyat Aceh sudah hidup dalam damai dan tentara sudah ditarik dari seluruh pelosok Aceh. Tapi Martti dengan rendah hati mengaku hal itu bukan sepenuhnya hasil kerja kerasnya melainkan karena kedua belah pihak memang beritikad untuk damai, terlebih setelah Aceh ditimpa musibah tsunami pada 2004.
Selain di Aceh, Martti berhasil mengakhiri konflik di Namibia dan Kosovo. Dia juga ikut dalam upaya mengakhiri konflik di Irlandia dan Irak.
Karena perannya sebagai juru damai di berbagai lokasi konflik dunia, Martti dianugerahi Nobel Perdamaian 2008. Sebelumnya, awal bulan Oktober 2008, dia juga mendapat penghargaan dari UNESCO karena telah membaktikan hidupnya untuk perdamaian.
”Upaya-upaya itu telah memberikan sumbangan besar bagi dunia yang lebih damai dan bagi persaudaraan di antara bangsa-bangsa, seperti semangat Alfred Nobel,” demikian pernyataan Komite Nobel Norwegia
Martti mengaku bekerja untuk proyek perdamaian dunia bersama PBB setidaknya selama 30 tahun. ”Saya telah bekerja bersama lima Sekjen PBB yang berbeda-beda sejak tahun 1977.”
Soal komitmen terhadap perdamaian, mungkin banyak yang menyamai Martti. Soal keinginan menyelesaikan konflik, juga mungkin banyak yang setara dengannya. Namun, dalam menyelesaikan konflik di mana ia terlibat langsung, dari perencanaan sampai soal teknis implementasi, sulit ada yang menyamai pria bertubuh besar tinggi ini.
Seperti penampilannya yang sederhana, pandangan-pandangan Martti tentang upaya perdamaian pun sederhana saja dan mudah dipahami semua orang. Dia berkeyakinan bahwa kemiskinan adalah sumber konflik sehingga untuk mengatasi konflik, warga dunia harus dibuat sejahtera dan terdidik.
Dia berkeyakinan semua konflik bisa diatasi. Dia juga mai dan bagi per-saudaraan di an-tara bangsa-bangsa, seperti semangat Alfred Nobel,” demiki- an pernyataan Komite Nobel Norwegia
Martti mengaku bekerja untuk proyek perdamaian du-nia bersama PBB setidaknya selama 30 tahun. ”Saya telah bekerja bersama lima Sekjen PBB yang ber-beda-beda sejak tahun 1977.”
Dia juga yakin seorang mediator hanya perlu menyederhanakan masalah agar sebuah perundingan damai yang ditanganinya berjalan dengan sukses. ”Jangan membuat masalah menjadi lebih rumit. Anda harus bisa menyampaikan masalah mana yang penting untuk diselesaikan,” katanya. Martti yang menguasai bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Swedia, dan Finlandia ini memulai kariernya sebagai guru sekolah dasar. Karier politiknya diawali tahun 1965 saat dia bergabung dengan Departemen Luar Negeri
Finlandia dan menjadi duta besar selama 20 tahun. Tahun 1994, Martti terpilih sebagai presiden pertama Finlandia yang dipilih secara langsung. Di bawah kepemimpinannya,
Finlandia bergabung dengan Uni Eropa. Enam tahun setelah itu ia lengser dari jabatan presiden dan terjun dalam kegiatan perdamaian dunia. Tahun 2005, dia ditunjuk sebagai Utusan Khusus PBB untuk masalah Kosovo.
Masa kecil yang dihabiskannya di pengungsian selama Perang Dunia II dengan penuh penderitaan mungkin ada hubungannya dengan motivasinya yang besar untuk terlibat sebagai juru runding di wilayah konflik.
Sejak tahun 2005, nama Martti Ahtisaari telah dinominasikan sebagai penerima Hadiah Nobel Perdamaian. Selain Nobel, Ahtisaari menerima hadiah 1,4 juta dollar AS. Ia berharap penghargaan yang diterimanya membuat orang tertarik mendanai upaya perdamaiannya. “Hadiah ini penting untuk organisasi yang saya pimpin,” katanya.
Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, menemukan teknik atau peralatan yang baru atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. Hal ini saat ini dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi mereka yang mempunyai jasa besar terhadap dunia. Penghargaan Nobel pertama kali diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia, dan seorang penemu dinamit. Dia menandatangani wasiat tersebut di Swedish-Norwegian Club di Paris pada tanggal 27 November 1895. Hal ini dilakukan karena ia terkejut melihat hasil penemuannya justru dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan yang merusak, dan dia menginginkan agar penghargaan Nobel diberikan kepada mereka yang berjasa besar terhadap kemanusiaan.
Nobel Perdamaian adalah satu dari lima Penghargaan Nobel yaitu Fisika, Kimia, Medis dan Sastra.

Yudhit Ciphardian
dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: