Majalah Paroki HKY Terbit Kembali

Di era kemajuan teknologi informasi dewasa ini, peran media (cetak, elektronik dan internet) memegang peranan penting dalam membentuk “wajah” masyarakat. Baik buruknya perilaku dan cara pandang masyarakat terhadap tata hidup bersama, turut ditentukan oleh media. Tentu saja pendidikan, agama dan keluarga turut menentukan, tapi media memiliki “daya magis” tersendiri dalam membentuk peradaban.

Pendidikan, agama dan keluarga membentuk masyarakat lewat jalur yang formal dan informal (lewat sekolah, dogma, petuah, teladan, dsb.). Sementara media membentuk masyarakat lewat jalur non-formal (kualitas tayangan, tulisan, cara pemberitaan, opini, dsb.).

Saat ini televisi masih menjadi raja segala media. Sebagian besar hidup kita dihabiskan di depan televisi. Nah, saat menonton televisi itulah, menyusup di bawah alam sadar, kita memandang kehidupan sesuai dengan yang tampil di layar. Televisi sungguh sangat kuat mempengaruhi hidup kita. Apa yang kita dengar, lihat dan pikirkan dari televisi, sanggup mengalahkan ajaran agama, petuah orang tua atau ajaran sekolah.

Begitulah kekuatan media. Ia tidak hanya memberi informasi, dan komunikasi, tapi juga bisa menjadi daya transformatif atau daya perubah. Barangsiapa menguasai media, ia menguasai dunia. Begitulah slogan jaman modern.

Media cetak (majalah) memiliki keunggulannya sendiri dibanding para “pesaingnya” (elektronik dan internet). Media cetak punya dimensi kepemilikan (pembeli, pelanggan, anggota komunitas, dsb.). Dimensi ini menumbuhkan sense of belonging (rasa memiliki) yang bisa terus meningkat dari waktu ke waktu. Rasa memiliki itu ikut meningkatkan kualitas media dimaksud.

Selain itu majalah bisa berumur panjang, dapat dibaca berulang-ulang dan dapat menjadi bahan referensi kapanpun dibutuhkan.

Dengan seluruh alasan di atas itulah, majalah PHKY terbit kembali. Namanya Benedizione. Sepanjang tahun pertama ini (2009) akan terbit setiap tiga bulan. Jika respon pembaca positif, ada kemungkinan terbit bulanan. Saran, kritik dan dukungan umat PHKY sungguh sangat berharga.

 

Yudhit Ciphardian

18 Januari 2009

One Response to “Majalah Paroki HKY Terbit Kembali”

  1. ekosulistio Says:

    nice posting.. keep writing….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: