Triyono, “Produsen” Mainan Edukatif

Oleh Antony Lee

Triyono produser mainan edukatifTriyono tergolong orang yang susah diam. Di sela-sela kesibukan sebagai guru sekolah dasar, ia mendirikan usaha pembuatan alat permainan edukatif. Tidak sekadar membangun usaha beromzet puluhan juta rupiah sebulan, tetapi ia juga menyediakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Ini belum termasuk 10 kelompok usaha serupa yang dilatihnya dan kini beranjak mandiri.

Setiap bulan Triyono bisa memproduksi sekitar 120 paket alat permainan edukatif untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak. Omzetnya rata-rata setiap bulan Rp 75 juta. Kualitas barang yang memadai dan jenis yang beragam membuat produk milik Triyono merambah berbagai kabupaten dan kota sampai ke Kalimantan dan Sumatera.

Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (P2PNFI) Regional II Semarang Ade Kusmiadi mengakui jaminan kualitas produk Triyono. Dia yakin bahwa alat permainan edukatif tersebut mampu bersaing apabila dipasarkan ke luar negeri.

Bahan baku dan cat yang digunakan Triyono, menurut Ade, aman bagi anak-anak. Sayang, upaya ekspor ini masih terkendala minimnya jejaring usaha yang dimiliki perajin setempat.

”Selama ini kami turut membantu memasarkan produk itu ke berbagai daerah. Kami juga sudah meneliti alat permainan yang dihasilkan Triyono itu memiliki makna apa saja, semisal ada yang merangsang emosi atau motorik anak, dan berbagai aspek tumbuh kembang anak,” tutur Ade.

Ia menyebut puzzle sebagai contoh. Puzzle angka yang terbuat dari papan keras berfungsi mengenalkan angka atau huruf, sekaligus melatih motorik halus anak-anak. Balok umum dari kayu mahoni untuk anak usia 4-6 tahun bermanfaat mengembangkan kreativitas, melatih motorik halus, daya cipta, serta mengenalkan bentuk dan ukuran untuk mereka.

Triyono sudah menciptakan dan memproduksi sekitar 180 jenis alat permainan edukatif.

”Syukurlah, hasilnya selama ini cukup baik. Dari usaha ini, saya bisa membeli mobil, sawah, dan kebun. Saya juga masih bisa menabung dan punya cadangan uang untuk pendidikan anak-anak serta biaya naik haji,” tutur Triyono.

Untuk memenuhi bertambahnya jumlah pesanan alat permainan edukatif, Triyono dibantu 18 pekerja. Mereka bisa dibilang bekerja terus-menerus karena pesanan yang diterima Triyono relatif bertambah.

Tengok pula nilai aset produksinya yang sudah mencapai lebih dari Rp 150 juta. Dari usahanya itu, Triyono juga bisa mempunyai ruang pamer berukuran 6 meter x 12 meter di samping rumahnya, di Desa Ujung-ujung, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Modal berani

Padahal, saat memulai usaha alat permainan edukatif ini, tahun 2001, Triyono hanya dibantu seorang pekerja. Modal awalnya pun hanya sekitar Rp 300.000. Uang itu dia gunakan untuk membeli bahan baku dan sejumlah alat pertukangan manual, seperti gergaji, ampelas, dan alat penghalus kayu. Namun, modal seadanya itu lalu dia olah dengan tambahan ”bumbu” keberanian, ketekunan, keuletan, dan pantang menyerah.

Triyono mengaku masa awal usahanya itu relatif penuh tantangan. Dia belum banyak tahu soal alat permainan edukatif. Namun, dia yakin produk itu bakal laku di pasaran karena semakin banyak orangtua yang memberi perhatian lebih baik terhadap pendidikan anak usia dini.

Dia kemudian mencari-cari bentuk alat permainan edukatif itu, dengan belajar dari berbagai buku dan mencoba membuatnya sendiri. ”Ketika mencoba membuat alat permainan edukatif ini, saya tidak langsung jadi. Ya, bisa dibilang saya pun mengalami proses trial and error,” ceritanya.

Berkali-kali ia gagal. Dari kegagalan produk itu pula, Triyono lalu belajar memperbaikinya. Misalnya, saat produk kayunya banyak terbuang akibat jamur. Dia kemudian berusaha mengatasi jamur dengan lebih dulu memasukkan kayu ke dalam oven agar benar-benar kering.

Dia juga pernah tertipu sekitar Rp 14 juta hanya gara-gara kurang teliti. Ketika pesanan datang, Triyono tak meminta uang muka produksi. Oleh karena itu, belakangan ini ia mewajibkan para pemesan memberikan uang muka setengah dari harga barang.

Semangatnya yang tinggi juga dipicu kenyataan bahwa ia tak bisa sekadar mengandalkan gajinya sebagai guru sekolah dasar untuk menghidupi dan mencukupi kebutuhan pendidikan kedua anaknya.

”Saya sampai mencari-cari peluang dengan mendatangi rumah pengelola P2PNFI, yang dulu bernama BPPNFI (Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal). Saya sempat takut ditolak, tetapi terus berusaha memberanikan diri,” kenang Triyono.

Gayung pun bersambut. Barang yang dihasilkan Triyono ternyata cukup memuaskan sehingga BPPNFI ketika itu memesan sejumlah alat permainan edukatif. Instansi itu pula yang awalnya menyebarluaskan produk alat permainan edukatif tersebut ke berbagi daerah hingga pesanan terus berlanjut hingga kini.

Melatih penganggur

Sejak tahun 2006 Triyono juga disibukkan dengan pekerjaan tambahan sebagai instruktur bagi 10 kelompok, yang setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Mereka dilatih cara membuat alat permainan edukatif. Anggota kelompok itu sebagian besar penganggur atau siswa yang baru lulus sekolah di Desa Ujung-ujung dan Jembrak, Kecamatan Pabelan.

”Saya mau melatih dan berbagi ilmu dengan anak-anak itu. Buat saya, mereka bukan saingan, tetapi justru mitra usaha. Saat ini enam kelompok di antaranya sudah sangat aktif. Selain memasok produk lewat koperasi yang saya pimpin, mereka juga sudah bisa memasarkan sendiri produknya,” katanya.

Mengelola usaha tak lantas membuat Triyono menganaktirikan tugas utamanya sebagai guru. Ia tetap berusaha membagi waktu dengan baik. Caranya, dengan berbagi tugas dengan sang istri, Siti Munjaemah.

Oleh karena itu, tak heran kalau atas prestasi mengajarnya selama ini, mulai Juli 2009 dia dipercaya menjadi Kepala Sekolah SDN 3 Kopeng di Kecamatan Getasan.

”Saya ingin pembuatan alat permainan edukatif ini lebih berkembang, agar semakin banyak orang muda pengangguran di desa kami yang bisa bekerja,” kata Triyono.

Rabu, 5 Agustus 2009

52 Responses to “Triyono, “Produsen” Mainan Edukatif”

  1. Dewi Nur Meini Says:

    Boleh minta dismsin katalog produknya? saya reseller ape di Riau. tq

  2. Paulus Serang Says:

    Yth, Pak Tryono
    di Tempat

    Kami Produsen APE & BKB KIT, tapi sampai saat ini APEnya masih kami beli dari Depok , mungkin pak Tryono bisa buat APE Standard BKKBN , dan mohon kirim alamat Emailnya saya akan kirim gambar APE standard BKKBN, Pelanggan kami seluruh Indonesia jadi kami mitra yang potensial minimal kami order APE 20 set/10 item

    Terima kasih

    Paulus Serang
    CV.Jaring Citra Lestari
    Jl.Asrama no.185 – D Medan 20125
    Tel. 061-8463649 , Fax. 061-8444913
    Email : paulusserang@yahoo.com , paulusserang@mail.com ,

  3. R. Yanto Says:

    Mohon dapat diberikan katalog dan nomor telpon Pak Tryono yang bisa dihubungi.

    Terimakasih

  4. liza fittria sari Says:

    yth.pak tryono
    saya tertarik untuk mendistribusikan produk ini,mhon dpt diberikan katolog dan nmr tlp bapak yang bisa saya hubungi,trimakasih.

  5. Arif Saiful Rahman Says:

    yth.pak tryono
    saya tertarik dgn produk ini, bisa diberikan katalog dan nmr tlp bapak yang bisa saya hubungi,trims.

  6. Putu Yudi Setiawan Says:

    Yth. pak tryono
    Bgm dgn distribusi produk di Bali? Kami tertarik menjadi agen APE di Bali. Tolong informasikan syarat-syaratnya serta alamat & telp yang bisa dihubungi. Terima kasih

  7. ihsan hasani Says:

    yth.pak tryono
    sy ihsan guru olahrga di slhstu sekolah di jakrta timur.mohon dimengirmkan katalog dan teknis pembelian produk yg bapak buat.trimaksih

  8. afrida nurmalasari Says:

    mohon info reseller dan katalognya .thx

  9. Budiyono Says:

    Yth. pak Tryono,
    saya tertarik dengan usaha yang bapak tekuni mudah – mudahan semakin maju dan berkembang, sehingga bisa lebih banyak menyediakan lapangan kerja bagi saudara saudara kita. kalau tidak keberatan saya minta dikirim katalog produk dan kegunaan tiap-tiap permainan, terimakasih

  10. wahyu Says:

    sy dr magelang minta info jika ingin belajar membuat ape di pabrik bapak bgmn syaratnya?

  11. Sita 'Aisya Says:

    Asslm. wr. wb.

    Pak Triyono yang baik,,
    tolong nonor tlpn dan alamt email yang bisa dihubungi ke bapak,, dicantumkan juga di blog ini pak…
    Saya sedang belajar tentang distribusi dan produksi APE di Lombok-NTB

    trims,,

    Salam hangat
    SITA

  12. ucu Says:

    assalamualaikum..
    boleh minta katalognya ga?? sy jd tertarik utk mjd agen,trims

  13. cingye Says:

    yth.pak tryono
    saya tertarik untuk mendistribusikan produk ini,mohon dpt diberikan katolog dan nomor telp bapak yang bisa saya hubungi,trimakasih.

  14. ivan Says:

    Selamat siang…..
    saya tertarik dg produk ini, bisa minta nomor telp / alamat pak Triyono yang jelas?
    terima kasih.

  15. Emma Says:

    Mohon dapat meninformasikan alamat lengkap atau no telepon Bp. Triyono….

  16. agus Says:

    tolong beri tau nonya Bpk Triyono ke saya dong

  17. Basri Kadir Says:

    Mohon info jika ingin belajar membuat ape di pabrik bapak bgmn syaratnya?
    Trimakasih atas infonya.

    Basri Kadir
    Malang

  18. deasi natalie Says:

    dear pak tryono,
    mohon minta alamat n nomor telp nya,sy berminat sekali dg mainan yg bpk produksi.

    regards

    Deasi

  19. isma Says:

    Saya minat dgn produk ini…mohon info nmr tlp atau alamat Bpk Triyono
    Trima kasih…

  20. jayadi Says:

    assalamuakum wr.wb
    salam kenal.saya ingin menawarkan kepada anda semua yang ingin serius bisnis mainan edukatif untuk tk,playgroup,dan paud dengan harga murah berkwalitas dan lengkap silahkan kunjungi http://mainanalfaqih.blogspot.com atau hub 085649592810

  21. andi Says:

    tolong saya dikasih no hp Pak Triyono atau yang bisa dihubungi dan kalo bisa minta katalog produknya. terimakasih sebelumnya

  22. TAUFAN Says:

    tolong bapak email katalognya, saya ada butuh banyak alat peraga untuk PAUD….Trima kasih
    taufan_julian@yahoo.com

  23. siti masruroh S Ag Says:

    tolong minta alamat pak triyono kami pengelola paud di karawang, kirim ya lewat email saya makasih sebelumnya

  24. ira Says:

    Yth, Pak Tryono
    di Tempat

    Saya memiliki toko di daerah depok dan kebanyakan klien saya adalah sekolah, saya tertarik dengan APE Standard BKKBN dan kalau boleh tolong dikirimkan katalog dan harganya ke email saya. Apa syarat untuk menjadi agen atau reseller bapak? berapa pesanan minimal dan dimana alamat tempat saya bisa melihat lagsung produknya? dan nomor telepon yang bisa saya hubungi?

    Terima kasih

  25. yulianto Says:

    Dengan Hormat,

    Pak mohon kirim daftar katalog dan daftar harganya…saya berminat untuk menjadi distributor…dan bagaimana ketentuan untuk menjadi distributor bapak…apakah ada discount khusus…
    mohon katalog bisa dikirim ke yantoff@yahoo.com

    Yulianto

  26. wiwi wisudawati Says:

    aslm.. pak bagaimana cara menjadi agen, saya tinggal di serang, banten. sekalian saya bisa lihat katalog dan pricelistnya? saya buka toko edutoys, tapi barangnya mash dari jakarta, dikirimnya lama..

  27. rudy Says:

    aslm.. pak bagaimana cara menjadi agen, saya tinggal di Bandung. sekalian saya bisa lihat katalog dan pricelistnya? saya mau buka toko edutoys,

  28. kurnianto agung Says:

    saya agung pengusaha di kalimantan. kami pemasok utama untuk daerah kalimanta timur. bila berkenan untuk kerja sama mohon email katalog produk beserta harga nya& harga agen.

  29. kurnianto agung Says:

    no hp 081253026914

  30. eva Says:

    Ada kataloq nya ngak mas,klu mau jd agen gimana caranya utk daerah medan…

  31. ifa lux Says:

    minta brosur dan harga donk kirim ke astaperaga@yahoo.co.id atau hub kami di 081279660777

  32. muhammad imaduddin Says:

    kami sangat tertarik untuk menjadi agen/reseller produk bapak mhn kami diemailkan alamat dan nomor hp yang bisa dihubungi

  33. hasta Says:

    minta no tlpnya pak…….

  34. lily Says:

    mohon kami diinfokan harga dan info keagenan. kami berminat menjadi agen di kota malang, terima kasih.

  35. Lydia Says:

    yth.pak Tryono. saya mau minta dikirim katalog/no hp yg bisa dihubungi, pak. trms.

  36. wawan Says:

    pak minta katalognya dong & kirim no hpnya dong di email sy

  37. nurhayati Says:

    saya minta katalognya y pak triyono.. tolong dikirim ke alamat email saya : burhannurhayati@ymail.com.
    terima kasih..

  38. yunce Says:

    pak,minta tlg dikirim katalognya,trmksh.085882350007

  39. astanto Says:

    kebetulan saya jg baru merintis usaha toko mainan edukatif. saya minta no telpon dan katalog produknya

  40. riaiwull Says:

    admin mhon share mengenai kontak person pak tryono … sya berkenan utk menjadi reseller dan distributor nya
    mhon share catalog bserta price list hrganya , ini email sy ria_iwull@yahoo.com
    via hp :085646709613

  41. kartika Says:

    saya rekanan yang memiliki jaringan luas di TK dan PAUD, mohon dikirimi no.hp, katalog produk dan daftar harganya, semoga bisa menjadi mitra yang baik,

  42. martiniyati Says:

    Yth. Pak Triyono
    minta tlg di emailkan katalognya dan minta no hp yang bisa di hubungi

  43. Anonymous Says:

    yth bpk Triyono
    saya minta dikirimi katalog produk dan daftar harga

  44. ibu lia Says:

    Tolong minta nmr tlp,email,web bpk triyono…saya ingin mjd resellernya. Trimakasih

  45. damar Says:

    Yth. Pak Triyono
    minta tolong pak untuk nomer hp dan katalognya di emailin

  46. Imawati Says:

    mohon informasi bagaimana caranya utk menjadi reseller di jawa timur? special price list ?

  47. permainanPAUD Says:

    Blog APE ,alat permainan edukatif PAUD silakan kunjungi kami, terima kasih

  48. lina Says:

    saya seorang guru tk yg ingin bergerak di bidang usaha APE. mohon keterangan jika ingin mnjd reseller dan mohon d kirim katalog’y k email saya greenforest_38@yahoo.co.id.
    trimakasih sebelum’y.

  49. nabil111 Says:

    http://www.mainangratis.blogspot.com

  50. indra Says:

    saya di pekanbaru (riau) mas triono,selamat hari raya idul fitri saya sangat tertarik dengan usaha mas, tolong dikirimkan catalog dan no hp yang bisa di hubungi, trims salam sukses

  51. Nurachmad Says:

    Yth.. Pak Triyono

    Tolong kirimkan alamat produksi dan No Hp nya,,,ini alamat email saya :
    achmad.riyo@gmail.com
    via hp : 081574305934

    by. Rachmad
    CV MKS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: