Mari Manfaatkan Musrenbang

Jelang HUT Surabaya ke-717

Menjelang HUT Surabaya ke-717 pada 31 Mei dan pemilihan walikota pada 2 Juni mendatang, publik diingatkan pada sebuah forum yang disebut musyawarah perencanaan pembangunan, disingkat Musrenbang.

Forum yang digelar di seluruh Indonesia setiap tahun dalam semangat otonomi daerah ini adalah tempat berkumpulnya para pemangku kepentingan (stakeholders) bagi pembangunan kota. Unsur utama Musrenbang adalah warga kota itu sendiri sebagai pemilik kedaulatan di tingkat kota. Pemerintah, birokrasi, parlemen dan rekanan adalah pelaksana dari usulan dan aspirasi yang diajukan oleh warga kota itu.

Musrenbang diawali di tingkat kelurahan berlanjut di tingkat kecamatan dan berpuncak di tingkat kota/kabupaten.

Tradisi Musrenbang muncul sebagai respon atas konsep pembangunan yang top down (ditentukan oleh pemerintah). Sejumlah kalangan, menilai perlunya partisipasi masyarakat dalam merencanakan sebuah pembangunan daerah. Konsep ini disebut bottom up. Semakin besar partisipasi warga dalam urun rembug pembangunan, maka semakin besar pula tingkat pemenuhan kebutuhan warga. Hal ini juga akan menghindarkan para birokrasi dari korupsi dan manipulasi proyek pembangunan.

Kata kunci dalam Musrenbang adalah “partisipasi”. Partisipasi masyarakat dianggap sangat penting dalam Musrenbang, setidaknya karena beberapa alasan.

Pertama, partisipasi adalah hak dasar yang melekat pada setiap warga negara. Kedua, partisipasi masyarakat secara langsung dalam pembuatan kebijakan dan keputusan publik dapat menutup kegagalan dan kelemahan wakil rakyat (DPRD) dalam memperjuangkan aspirasi warga. Lewat Musrenbang, masyarakat dapat mengusulkan dan turut merencanakan pembangunan dan penggunaan anggaran. Misalnya untuk mengetahui bagaimana uang rakyat dikelola dan ke mana uang rakyat dibelanjakan.

Usulan warga untuk forum Musrenbang Surabaya dapat diajukan lewat website internet (http://musrenbang.surabaya.go.id/musrenbang), dan lewat kelurahan masing-masing atau langsung dikirim ke kantor Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya. Bappeko beralamat di jalan Pacar 8 Surabaya dan website di  http://bappeko.surabaya.go.id.

Usulan pembangunan itu misalnya penerangan jalan umum (PJU), saluran air, atau pavingisasi dan lain-lain.

Mari memanfaatkan Musrenbang sebagai wujud cinta pada kota Surabaya.

Yudhit Ciphardian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: